Resep Kimchi Korea

kimchi

Kimchi disiapkan dalam banyak cara hampir di setiap rumah. Biasanya terbuat dari kubis Cina, dapat juga dibuat dengan lobak atau sayuran lainnya. Setelah proses perendaman dalam air garam dan dibumbui, lalu dibiarkan untuk proses fermentasi yang nantinya akan menjadi seperti acar.

Bahan untuk 6 orang

1 kubis Cina

2 liter air

garam kasar

100 gr tepung beras

cabe rawit

kecap ikan

3 sendok makan pasta kedelai

2 sendok makan gula

biji wijen

4 siung bawang putih dan sepotong jahe

 

Langkah-langkah

Pemotong dan pisahkan daun kubis cina dari tangkainya lalu potong kecil-kecil. Siapkan bahan untuk membuat acar dalam mangkuk besar dengan menambahkan sekitar dua liter air dan 250 gram garam. Larutkan garam garam dan campurkan potongan kubis Cina dalam mangkuk, biarkan selama sekitar 12 jam.

Haluskan bawang putih dan jahe sampai menjadi pasta. Dalam mangkuk lain, tempatkan tepung beras dicampur dengan cabe rawit dan tambahkan air dingin secara bertahap, aduk perlahan sampai semuanya larut dengan baik. Tambahkan juga pasta jahe dan bawang putih.

Tambahkan gula, pasta kedelai dan 4 sendok makan kecap ikan , taruh kubis dan campur hingga merata. Aduk untuk membuat saus kimchi benar-benar melumuri kubis dan memasukkannya ke dalam tupperware untuk menjaganya tetap tertutup selama beberapa hari sampai terjadi fermentas dan selalu dalam lemari es. Semua bahan dapat ditemukan tanpa kesulitan di toko-toko produk Oriental.

Jika kita ingin, kita dapat menambahkan beberapa biji wijen. Jika kita mengkonsumsi dalam dua hari pertama, mereka akan terasaa lebih asin dan pedas, dan rasa fermentasi kurang terlihat. Setelah 8 hari, perubahan rasa lebih terlihat dengan sentuhan asamnya.

Pengecapan

Di Korea, prosedur ini digunakan untuk melestarikan sayuran selama musim dingin. Biasanya, mereka menggunakan botol khusus di mana mereka tetap membuat kimchi mengalami fermentasi. Kimchi Korea adalah hidangan asin dan pedas dan dapat dimakan sebagai hidangan utama, kebanyakan diguankan untuk hiasan. Bisa ditambahkan dengan nasi putih dan daging panggang, misalnya.