Kenapa Kita Sering Mengantuk Sehabis Makan Siang

mengantuk

Apakah anda kerap terasa mengantuk sesudah menyantap makan siang? Rupanya, beberapa orang diluar sana yang juga merasakannya hingga mengakibatkan pekerjaan jadi tidak terurus lantaran susah konsentrasi.

Kenapa hal semacam itu dapat berlangsung? Ditulis dari Yukmenulis.com, seseorang pakar gizi Luke Coutinho menerangkan kalau aspek pola makan adalah penyebabnya seorang terasa kantuk sesudah makan siang.

Jika anda makan dengan jumlah yang begitu banyak, melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh badan bakal mengakibatkan penambahan hormon insulin yang menyebabkan rasa kantuk itu nampak.

Hormon insulin di produksi oleh badan didalam pankreas. Hormon berikut yang bertanggungjawab mengatur kandungan glukosa darah sebagai sisi dari metabolisme badan, umpamanya sesudah kita makan.

Saat seorang makan dengan jumlah yang semakin banyak jadi pankreas bakal menghasilkan semakin banyak insulin. Dengan sekresi penambahan insulin ini, ada dua hal yang berlangsung, yakni badan bakal menghasilkan hormon pengontrol tidur serta bakal menyalurkannya ke otak. Hormon insulin juga bakal dimetabolisme jadi hormon serotonin serta melatonin yang menolong seorang untuk tidur lebih lelap.

Konsumsi makanan dengan jumlah karbohidrat yang begitu banyak juga dapat juga mengakibatkan seorang mengantuk selepas makan siang. Makanan tinggi karbohidrat bakal bikin system pencernaan bekerja 2 x lipat untuk mengolah makanan berat ini.

Makin banyak jumlah makanan yang anda makanan, jadi makin banyak juga daya yang bakal di habiskan untuk mengolah semuanya makanan yang sudah dikonsumsi.

Waktu anda makan terlalu berlebih, system pencernaannya bakal memakai 60 hingga 75 % daya pada badan orang itu untuk mengolah makanan yang sudah masuk kedalam perut.

Lantaran banyak daya yang perlu dipakai, badan juga bakal mengambil daya dari sisi badan lain untuk menolong sistem pencernaan itu. Perihal ini pula sebagai penyebabnya seorang terasa mengantuk lantaran badan keluarkan banyak daya untuk mengolah makanan. Bukan sekedar makanan yang tinggi karbohidrat, makanan berprotein tinggi juga mengakibatkan dampak yang sama.

Lantas, bagaimana caranya untuk hindari hal semacam ini berlangsung?

Anda cukup kurangi jumlah makan siang anda dengan tak konsumsi karbohidrat serta protein dalam jumlah banyak terlebih waktu makan siang. Bila hal semacam ini dibiasakan, jadi rasa kantuk selepas makan siang juga akan tidak anda rasakan lagi.

Tetapi, bila rasa kantuk atau capek tetaplah nampak walau sebenarnya anda telah kurangi jumlah makan, cepatlah periksakan hal semacam ini ke dokter untuk memperoleh perlakuan selanjutnya.